Jumat, 19 April 2013

Antara Sengatan Nafsu dan Lebah

Ibrahim Al Khowash ra. bercerita :
"Aku pernah ke gunung Lukas. Disana aku melihat buah delima dan aku langsung menginginkan buah itu. Akupun memetiknya dan lantas membelah. Buah itu ternyata busuk, akupun membuangnya, dan kembali berjalan.
Tiba-tiba, aku melihat seorang lelaki terjatuh dan langsung dikerumuni banyak lebah. Aku memberi salam, 'Assalaamu'alaika !"
 dan Ia menjawab salamku, 'Wa'alaikassalaam, Yaa Ibrahim !' Aku pun bertanya kepadanya ; 'Kau tahu darimana namaku ?'
Ia menjawab ; 'ALLAH tahu semuanya, dan apakah kamu tidak mengkhawatirkan sesuatu ?'


Aku berkata :
"Aku melihat kamu punya urusan dengan ALLAH, maka mintalah kepada-Nya agar diselamatkan dari lebah."

Ia pun justru menjawab :
"Aku juga melihat kamu punya urusan dengan ALLAH, maka mintalah selamat dari godaan nafsu buah delima. Gara-gara buah delima, bisa saja manusia menemukan kesakitan di dunia. Terus sengatan lebah letaknya di tubuh, smentara sengatan nafsu letaknya di hati."

Aku pun termenung dan meninggalkan dia begitu saja.

Menuruti hawa nafsu bisa mengalihkan raja menjadi seorang hamba, dan seorang hamba yang sabar bisa menjadikan dia raja.
Tidakkah kita mengingat kembali cerita Nabi Yusuf as. dan Zulaikha, ia sabar dengan penderitaan yang akhirnya menjadikan ia sebagai Raja Mesir. Sementara greget cinta Zulaikha terhadap Yusuf as. terlalu meluap, yang akhirnya ia menjadi terhina, rendah dan buta, padahal dulunya menjadi istri pembesar kerajaan.

Abul Hasan Ar Razi mempunyai sebuah cerita, ketika melihat ayahnya dalam mimpi semenjak dia meninggal 2 tahun yang lalu. Si ayah memakai pakaian dari aspal, diapun bertanya :
"Wahai anakku, berhati-hatilah engkau dengan tipu daya nafsu."

Tertuang dalam Syair :
" Aku dipermainkan dengan 4 perkara yang tidak bisa aku kuasai,
kecuali lantaran celaka dan kepayahanku. Yakni ; iblis, dunia, dan nafsu.
Bagaimana bisa aku mensucikan diri ini padahal semuanya itu
adalah musuhku.!
Aku merasakan bisikan hati selalu mengikuti nafsu,
dalam kegelapan nafsu dan keinginan."

Hatim Al Ashom ra. berkata :
"Nafsuku sangat kuat, ilmuku adalah pedangku, dosaku kerugianku, syaithan musuhku, sementara jiwaku selalu berkhianat."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar